Manajemen
Waktu
Pengertian Manajemen Waktu
Waktu itu ibarat uang, sangatlah
berharga. Tapi bedanya, uang bisa saja kita dapatkan kembali jika hilang atau
mungkin kita bisa mendapatkan gantinya, sedangkan waktu yang hilang sampai
kapanpun tidak akan pernah bisa kembali.
Lalu sudah seberapa maksimalkah
kita memanfaatkan waktu kita yang berharga ini ? Kebanyakan dari kita hanya
menghabiskan waktu dengan sia-sia dan akhirnya menyesal. Sebenarnya jika kita
ingin mengatur kehidupan kita, merubahnya menjadi menyenangkan itu mudah saja,
yang kita butuhkan adalah mengatur waktu kita sebaik-baiknya. Pengaturan waktu
yang efektif merupakan hal yang mendasar untuk lingkup berbagai wilayah
kehidupan.
Lalu apa itu manajemen waktu ?
Manajemen waktu merupakan
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu.
Waktu menjadi salah satu sumber daya
unjuk kerja.
Sumber daya yang mesti dikelola secara efektif dan
efisien. Efektifitas terlihat dari tercapainya tujuan manajemen waktu yang
telah ditetapkan sebelumnya.Dan efisien tidak lain mengandung dua makna,yaitu:
makna pengurangan waktu yang ditentukan, dan makna investasi waktu menggunakan
waktu yang ada.
Pentingnya Manajemen Waktu
Mengapa kita perlu memanajemen
waktu kita sebaik mungkin ? Selain karena waktu itu sangat berharga, ada
beberapa alasan lainnya, diantaranya :
Karena waktu kita terbatas, sementara pekerjaan
senantiasa bertambah.
- Manajemen waktu membantu kita untuk berkerja lebih efektif dengan skala prioritas.
- Manajemen waktu menjauhkan kita dari stress kita dapat mengontrol setiap tugas dan tenggat waktunya
- Manajemen waktu membuat kita lebih produktif (dapat menghindari hambatan dan gangguan yang menghalangi dari tujuan.
Sebuah sistem manajemen waktu yang
sesuai dengan kebutuhan, dapat membantu Kita menyelesakan pekerjaan dalam waktu
singkat. Apapun prioritasnya, mempelajari cara mengatur hidup dan belajar akan
membantu kita mencapai tujuan hidup kita. Berikut ini adalah jawaban untuk
pertanyaan “Mengapa Saya harus me-manage waktu saya?”
Karena sistem manajemen waktu yang
efektif dapat :
- Membantu Kita membuat prioritas. Misalnya bertemu kekasih yang sudah seminggu tak bertemu atau mengejakan bahan presentasi tugas yang akan dikumpul besok.
- Mengurangi kecenderungan untuk menunda. Nah… biasanya hal yang satu ini yang membuat manusia-manusia di dunia ini susah sekali untuk sukses. Saya pribadi merupakan penderita akut penyakit ini., sistem manajemen waktu adalah obatnya.
- Membantu kita menghindari “tabrakan waktu”. Dengan menulis semua aktivitas, tugas, janji, pesan dan pengingat Kita hanya disatu tempat, akan membantu kita memastikan bahwa dua atau tiga kegiatan tidak dilaksanakan pada waktu yang bersamaan. Jika terjadi tabrakan waktu, kita akan mengetahui sejak awal dan memungkinkan untuk mengatur kembali jadwal kita.
- Memberi kita kebebasan dan kendali. Manajemen waktu tidak akan membatasi ruang gerak seseorang. Sebuah kendali terhadap bagian dari hari kita, memungkinkan kita untuk menjadi fleksibel pada hari-hari berikutnya.
- Membantu kita menghindari perasaan bersalah. Kita akan belajar dengan nyaman jika kita menyediakan waktu tertentu untuk melakukannya. Tanpa sebuah rencana untuk mengerjakan tugas kita saat ini. Kita mungkin merasa “kepala kita terbebani”. Bahkan juga ketika kita tidak sedang mengerjakan tugas tersebut.
- Membantu mengevaluasi kemajuan kita. Jika kita menyadari bahwa kita dapat membaca 75 halaman perminggu, sedangkan pada minggu ini kita hanya membaca 60 halaman, maka kita memerlukan kalkulator untuk mengetahui bahwa kita memang tertinggal pada minggu ini. Dan dengan begitu kita akan tau, ‘sedang dalam posisi apa saya ini?’ artinya dibutuhkan sedikit waktu untuk mengejar ketertinggalan itu. Dan keuntungan buat kita, kita dapat langsung menyadarinya, dan segera bertindak untuk itu.
Prinsip Manajemen Waktu
Untuk dapat mengelola waktu dengan
tepat, maka diperlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar manajemen waktu
agar lebih berhasil dan berdaya guna. Berikut ini prinsip dasar manajemen waktu
yang penting diperhatikan :
- Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas
- Selesaikan tugas berprioritas tinggi sesegera mungkin dan tuntaskan tugas sebelum mulai tugas yang lain.
- Prioritaskan kembali tugas yang tersisa berdasarkan informasi baru yang terkait.
Tiga Kategori Prioritas Waktu
- Jangan dikerjakan
- Kerjakan Nanti
- Kerjakan Sekarang
Tabel 1 Kategori Prioritas Waktu
NO
|
Kategori Prioritas Waktu
|
|
Kategori
|
Karakteristik
|
|
1.
|
Jangan Dikerjakan
|
|
2.
|
Dikerjakan Nanti
|
Alasan penundaan tugas :
|
3.
|
Dikerjakan Sekarang
|
Kebutuhan unit operasional harian
Kegiatan-kegiatan yang telah ditunda, misal :
|
1. Prokrastinasi (Menunda pekerjaan)
- Menulis laporan (sulit) > < membuka e-mail / data komputer (mudah)
- Deadline membuat frustasi dan menghambat penyelesaian tugas > < Deadline menolong menyusun rencana dan prioritas daftar yang akan dikerjakan.
- Bekerja baik dibawah tekanan waktu > < banyak waktu diperlukan untuk menyelesaikan tugas.
2.
Perfeksionis
- Ditumbuhkan sejak dini (sejak sekolah)
- Dapat mengarah ke prokrastinasi, oleh karena : takut salah dan cenderung mengerjakan tugas secara berulang-ulang
3.
Tidak Mampu membuat prioritas
- Tidak bisa ‘memboboti’ / menilai pekerjaan : lama, urgensi (segera atau nanti) dan berat – ringannya pekerjaan.
- Tidak bisa menyusun berbagai pekerjaan secara sistematis
- Dapat diminimalisir dengan cara menetapkan kategori pekerjaan yaitu berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensinya.
Tips Manajemen Waktu
Ada dua jenis waktu, waktu pada jam dan waktu
sebenarnya (waktu nyata). Dalam waktu pada jam, ada 60 detik dalam satu menit,
60 menit dalam satu jam, dua puluh empat jam dalam sehari dan 365 hari dalam
setahun. Waktu ini berlalu sama cepatnya. Saat seseorang berusia 50, mereka
benar-benar berusia 50. Tidak ada yang kurang ataupun lebih.
Dalam waktu sebenarnya atau waktu nyata, semua
waktu itu relatif. Waktu bisa berlalu tergantung dengan apa yang Kita lakukan.
Dua jam dalam sebuah pabrik motor bisa terasa seperti dua belas tahun. Dan dua
belas tahun masa kanak-kanak kita bisa terasa seperti dua jam saja.
Praktekan beberapa teknik di bawah ini untuk menguasai
pengaturan waktu Kita!
- Bawalah jadwal,
dan ingatlah seluruh isi pemikiran Kita, percakapan, dan kegiatan yang
harus Kita lakukan selama seminggu. Ini akan membantu Kita untuk memahami
berapa banyak hal yang dapat Kita selesaikan dalam satu hari, dan kapan
waktu-waktu berharga Kita akan berlalu. Kita akan dapat melihat berapa
banyak waktu yang Kita luangkan untuk mencapai hasil, dan berapa banyak
waktu yang telah Kita buang untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.
- Segala kegiatan
dan percakapan yang penting untuk kesuksesan Kita harus ada jangka
waktunya. List pekerjaan Kita akan bertambah sangat banyak jika Kita
mengisinya dengan hal-hal yang tidak bisa dikerjakan. Buatlah jadwal untuk
diri Kita sendiri dimana Kita bisa meluangkan waktu untuk berpikir dan
melakukan hal-hal yang produktif bagi diri Kita. Lakukanlah hal ini secara
disiplin.
- Rencanakanlah
setidaknya 50% dari waktu yang Kita miliki untuk menghasilkan hal yang
produktif.
- Rencanakanlah
waktu untuk beristirahat, menarik diri dari semua kesibukan yang Kita
miliki.
- Luangkan 30
menit pertama setiap harinya untuk merencanakan hari Kita. Jangan memulai
aktivitas Kita sebelum Kita selesai merencanakannya. Saat yang paling
penting dalam hari Kita adalah saat dimana Kita merencanakannya.
- Luangkan waktu
selama 5 menit untuk setiap undangan dan keputusan yang harus Kita datangi
dan Kita ambil. Ini akan membantu Kita memperlihatkan prioritas yang harus
diutamakan, dan membuat Kita merasa bahwa waktu tidak berlalu begitu
cepat. Luangkan pula 5 menit setelah aktivitas atau keputusan yang Kita
ambil untuk menentukan apakah target yang Kita tentukan hari ini tercapai
atau tidak. Apakah ada yang terlewat, atau tidak.
- Jangan ragu-ragu
untuk menolak interupsi dari siapapun juga saat Kita benar-benar harus
mengerjakan sesuatu sampai selesai.
- Berlatihlah
untuk tidak mengangkat semua telepon yang masuk, atau mengecek e-mail yang
masuk hanya karena handphone Kita berdering. Matikanlah koneksi telepon Kita.
Jangan berikan perhatian Kita secara mudah kepada orang lain kecuali hal
itu benar-benar krusial dalam bisnis Kita. Jika hal itu benar-benar
menentukan bisnis Kita kedepannya, Kita malah harus menyediakan jadwal
khusus untuk meladeninya.
- Blokirlah semua
hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti Facebook dan sosial
media yang lain.
- Ingatlah bahwa
mustahil untuk menyelesaikan semuanya. Dan ingatlah bahwa hal yang baik
adalah membuat dua puluh persen kegiatan Kita menghasilkan delapan puluh
persen dari hasil kita.
Sumber :
http://bisnisukm.com/manajemen-waktu-merupakan-awal-sebuah-keberhasilan.html
http://personalityadityabayukusuma.wordpress.com/2010/12/27/pengertian-manajemen/
http://public.slidesharecdn.com/stylesheets/ssplayer/combined_presentation.css?9c430f0daf" media="screen" rel="stylesheet" type="text/css"
artikel yang sangat bagus sekali..
BalasHapussalam kenal
tempat tidur bayi
Pengobatan Osteoporosis Secara Herbal
BalasHapusPerkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
BalasHapusJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)